Minggu, 01 Juni 2014

Laporan Ilmiah

Pokok Bahasan 9 : Laporan Ilmiah

Unsur-Unsur Kerangka Laporan
Laporan merupakan suatu cara komunikasi dimana penulis menyampaikan informasi kepada seseorang atau suatu badan karena tanggung jawab yang dibebankan kepadanya.
Laporan juga merupakan jenis dokumen yang menyampaikan informasi mengenai sebuah masalah yang diselidiki dalam bentuk fakta-fakta yang diarahkan kepada pemikiran dan tindakan yang akandiambil, hal-hal esensil, dan hal-hal pokok yang bertalian dengan tujuannya.

1.Dasar-dasar Laporan
Pemberi Laporan
Pemberi laporan dapar berupa perorangan atau badan

2.Penerima Laporan
Penerima laporan adalah perorangan atau badan yang menuugaskan atau dianggap perlu mendapatkan laporan tersebut.

3.Tujuan Laporan
Umumnya tujuan laporan adalah untuk mengatasi suatu masalah, mengambil suatu keputusan yang lebih efektif, mengetahui perkembangan suatu masalah, mengadakan pengawasan dan perbaikan, menemukan teknik baru, dan sebagainya.

Sifat Laporan
Laporan yang baik harus ditulis dengan bahasa yang baik dan jelas sehingga menimbulkan pengertian yang tepat, bukan kesan atau sugesti. Di bawah ini adalah sifat-sifat yang harus dikandung oleh sebuah laporan.

1.Mengandung imaginasi
Hal ini memiliki pengertian bahwa pelapor harus tahu secara tepat siapa yang akan menerima laporan.



2.Sempurna dan komplit
Tidak boleh ada hal-hal yang diabaikan bila hal-hal tersebut diperlukan untuk memperkuat kesimpulan dalam laporan itu. Selain itu laporan tidak boleh mengandung unsur yang menyimpang dan memihak.

3.Disajikan secara menarik
Pelapor harus berusaha menarik perhatian si penerima laporan dengan nilai yang terkandung di dalam laporan.

Macam-macam Laporan
1.Laporan berbentuk formulir isian. Jenis laporan ini biasanya bersifat rutin dan sering berbentuk angka-angka.
2.Laporan berbentuk surat. Biasanya bentuknya lebih panjang dari surat-surat biasa.
3.Laporan berbentuk memorandum. Jenis laporan ini sering digunakan untuk laporan yang singkat.
4.Laporan perkembangan dan laporan keadaan. Laporan perkembangan adalah suatu macam laporan untuk menyampaikan perkembangan, perubahan atau tahap mana yang sudah dicapai dalam usaha untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.Laporan keadaan adalah laporan yang menggambarkan kondisi yang ada pada saat laporan itu dibuat.
5.Laporan berkala. Jenis laporan ini dibuat dalam jangka waktu tertentu.
6.Laporan laboratoris. Salah satu tujuan dari laporan laboratoris adalah menyampaikan hasil dari percobaan atau kegiatan yang dilakukan dalam laboratorium.


Unsur-unsur yang paling penting dari suatu kerangka laporan laboratoris:
1.Halaman judul
2.Objek atau tujuan
3.Teori: menyangkut teori mana yang diterapkan
4.Metode: prosedur-prosedur yang ditempuh
5.Hasil-hasil yang dicapai dalam percobaan
6.Diskusi atas hasil yang dicapai
7.Kesimpulan
8.Apendiks
9.Data asli
10.Laporan formal dan semi-formal


Ciri-ciri umum untuk menentukan apakah suatu laporan termasuk laporan formal:
1.Harus ada halaman judul
2.Biasanya ada sebuah surat penyerahan
3.Memiliki daftar isi
4.Ada sebuah ikhtisar (atau abstrak) yang mengawali laporan
5.Ada bagian pendahuluan
6.Bila ada kesimpulan dan saran (rekomendasi) biasanya diberi judul tersendiri
7.Isi laporan yang terdiri dari judul-judul dengan tingkat yang berbeda-beda
8.Bernada resmi, bergaya impersonal
9.Bila perlu disertai dengan tabel-tabel dan angka-angka, baik yang terjalin dalam teks laporan maupun dikumpulkan dalam satu bagian tersendiri
10.Biasanya didokumentasikan secara khusus

Laporan formal adalah laporan yang memenuhi semua persyaratan di atas, nadanya bersifat impersonal, dan materinya disajikan dalam suatu pola struktur seperti yang terdapat dalam buku-buku.

Bila ada satu atau beberapa syarat tidak terpenuhi, laporan itu disebut semi-formal sedangkan laporan yang tidak memenuhi persyaratan di atas disebut laporan non-formal.

Laporan formal, semi-formal, dan non-formal merupakan laporan yang bersifat resmi (formil). Bila laporan tersebut bersifat pribadi dan bentuknya sesuai dengan keinginan penulis maka laporan itu bersifat tidak resmi (informil).


Struktur Laporan Formal

1.Halaman judul. Jangan menggunakan judul yang terlalu panjang.
2.Surat penyerahan. Surat penyerahan atau letter of transmittal berfungsi sebagai kata pengantar pada sebuah buku.
3.Daftar isi. Bagian ini memuat rekapitulasi dari semua judul yang ada dalam laporan. Pokok-pokok yang paling penting ditempatkan semakin ke kiri.
4.Ikhtisar dan abstrak. Ikhtisar merupakan bagian dari tulisan yang menyampaikan informasi penting dari sebuah laporan dalam bentuk yang sangat singkat.
Abstrak adalah bagian uraian yang sangat singkat, jarang lebih panjang dari enam atau delapan baris untuk menerangkan aspek-aspek yang tercakup dalam sebuah uraian.
1.Pendahuluan
2.Isi laporan

Isi laporan menyangkut inti persoalan.
1.Kesimpulan dan saran
2.Bagian pelengkap
Bagian yang perlu dimasukkan untuk melengkapi laoran adalah apendiks (lampiran-lampiran, termasuk surat perintah atau surat tugas bagi orang yang membuat laporan, foto, peta, dll) dan bibliografi bila laporan itu dikaitkan dengan analisa ilmiah yang menggunakan bahan-bahan pustaka.

Bahasa Laporan
Sekurang-kurangnya dari segi sintaksis bahasanya teratur, jelas memperlihatkan hubungan yang baik antara satu kalimat dengan kalimat yang lain. Bidang yang dilaporkan dan orang yang menerima laporan seringkali mempengaruhi gaya bahasa yang digunakan.



Laporan Buku

Laporan buku berarti suatu macam laporan untuk kepentingan pendidikan atau perkuliahan di perguruan tinggi yang bertujuan untuk mendorong mahasiswa membaca buku yang dianjurkan dan meningkatkan kemampuan memahami isi buku tersebut.

Laporan buku cukup bila terdiri dari bagian-bagian berikut: judul, pendahuluan (surat penyerahan dan pendahuluan), isi laporan, kesimpulan dan saran. Di samping itu disebutkan pula judul buku, nama pengarang, tempat penerbitan, penerbit, tahun terbit, cetakan atau edisi ke berapa, jumlah halaman, dan babnya, serta formatnya. Semua ini merupakan bahan keterangan teknis megenai buku yang bersangkutan.




Pengertian, Tujuan, Manfaat, jenis, dan Ciri dari Laporan
Pengertian laporan adalah bentuk penyajian fakta tentang suatu keadaan atau suatu kegiatan, pada dasarnya fakta yang disajikan itu berkenaan dengan tanggung jawab yang ditugaskan kepada si pelapor. Fakta yang disajikan merupakan bahan atau keterangan  untuk informasi yang dibutuhkan, berdasarkan keadaan objektif yang dialami sendiri oleh si pelapor (dilihat, didengar, atau dirasakan sendiri) ketika si pelapor telah  melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan.
Tujuan Laporan
v    Mengenalpasti masalah
v    Memberikan maklumat dan fakta
v    Mencadangkan penyelesaian
v    Mencadangkan tindakan yang perlu dilakukan
v    Membuat kesimpulan
v    Menilai sesuatu penyelidikan atau aktiviti
v    Membuat rekod sesuatu peristiwa
v    Menganalisi aktiviti perniagaan
v     Mensintesis sesuatu pelan tindakan
v    Menghuraikan sesuatu peristiwa, prosedur, tindakan dll.
 Laporan boleh berbentuk pendek atau panjang dalam format informal atau formal 
Manfaat Laporan

Laporan kegiatan merupakan alat yang penting untuk :
a. Dasar penentuan kebijakan dan pengarahan pimpinan.
b. Bahan penyusunan rencana kegiatan berikutnya.
c. Mengetahui perkembangan dan proses peningkatan kegiatan.
d. Data sejarah perkembangan satuan yang bersangkutan dan lain-lain.


Jenis – jenis Laporan
1.Laporan Ilmiah.
Laporan Ilmiah adalah laporan yang disusun melalui tahapan berdasarkan teori tertentu dan menggunakan metode ilmiah yang sudah disepakati oleh para ilmuwan (E.Zaenal Arifin,1993). Dan menurut Nafron Hasjim & Amran Tasai (1992) Karangan ilmiah adalah tulisan yang mengandung kebenaran secara obyektif karena didukung oleh data yang benar dan disajikan dengan penalaran serta analisis yang berdasarkan metode ilmiah.

2. Laporan Teknis.
Laporan tentang hal teknis penyelenggaraan kegiatan suatu badan atau instansi.Laporan teknis mengandung data obyektif tentang sesuatu.data obyektif dalam laporan teknis itu juga mengandung sifat ilmiah,tetapi segi kepraktisannya lebih menonjol.sehingga yang dimaksud dengan laporan teknis adalah suatu pemberitahuan tentang tanggung jawab yang dipercayakan,dari si pelapor (perseorangan,tim,badan,atau instansi) kepada si penerima laporan tentang teknis penyelenggaraan suatu kegiatan (E.Zaenal Arifin,1993).Dan menurut Muljanto Sumardi (1982) Dalam laporan teknik manusia menggunakan bahasa tulis untuk mengkomunikasikan gagasan,paham,serta hasil pemikiran dan penelitian.

Ciri­ciri Laporan
a.Ringkas.
Dalam laporan yang ditulis hanya mengemukakan hal-hal pokok secara ringkas yang berhubungan dengan tugasnya sehingga penerima laporan segera mengetahui permasalahannya.
b.Lengkap.
Laporan dapat semakin sempurna jika dilengkapi dengan bibliografi atau sumber kepustakaan.
c.Logis.
Laporan dianggap logis jika keterangan yang dikemukakannya dapat ditelusuri alasan-alasannya yang masuk akal.
d.Sistematis.
Laporan dianggap sistematik jika keterangan yamg tulisannya disusun dalam satuan-satuan yang berurutan dan saling berhubungan



Pertanyaan:
1.Sebutkan jenis-jenis sifat laporan, kecuali
a.Mengandung imajinasi
b.Sempurna dan komplit
c.Disajikan secara menarik
d.Tidak rapih*

2.Sebutkan pengertian dari ciri-ciri laporan ringkas
a.Laporan dianggap sistematik jika keterangan yamg tulisannya disusun dalam satuan-satuan yang berurutan dan saling berhubungan
b.Dalam laporan yang ditulis hanya mengemukakan hal-hal pokok secara ringkas yang berhubungan dengan tugasnya sehingga penerima laporan segera mengetahui permasalahannya.*
c.Laporan dianggap logis jika keterangan yang dikemukakannya dapat ditelusuri alasan-alasannya yang masuk akal.
d.Laporan dapat semakin sempurna jika dilengkapi dengan bibliografi atau sumber kepustakaan.

3.Sebutkan tujuan dari laporan
a.Biasanya ada sebuah surat penyerahan
b.Memiliki daftar isi
c.Ada sebuah ikhtisar (atau abstrak) yang mengawali laporan
d.Menganalisi aktiviti perniagaan*

4.Sebutkanunsur-unsur yang paling penting dari suatu kerangka laporan laboratoris
a.Harus ada halaman judul
b.Biasanya ada sebuah surat penyerahan
c.Memiliki daftar isi
d.Teori: menyangkut teori mana yang diterapkan*

5.Sebutkan yang bukan struktur laporan formal
a.Halaman judul.
b.Surat penyerahan
c.Daftar isi
d.Kesimpulan dan saran*








Tidak ada komentar:

Posting Komentar